MAKALAH
TIK DOKUMEN PENGOLAH KATA
Untuk
memenuhi salah satu tugas terstruktur mata kuliah TIK
Dosen
Pengampu: Andi Ainunnajib Fikri, S.T, M.Pd
Disusun
oleh:
1. Ai
Siti Salamah
2. Deana
Suci Maulida
PROGRAM STUDY PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM DARUSSALAM
(IAID)
CIAMIS
2019
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
Microsoft Office Word ini
adalah program perangkat pengolah kata (word processor) andalan yang
dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft. Perangkat lunak pengolah kata ini
pertama kali diterbitkan pada tahun 1983.
MS Word di pergunakan untuk membantu pembuatan
dokumen berupa laporan ataupun makalah. Namun, adakalanya kita lupa
memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam MS Word,padahal dengan
memanfaatkan fasilitas tersebut dapat membantu mempercepat pembuatan dokumen.
1. Bagaimana
cara menempatkan Obyek
pada dokumen di MS Word?
2. Bagaimana
cara Menempatkan
Footnote,endnote dan Komentar ?
3. Bagaimana caraMengelola Tabel?
4. Bagaimana cara Membuat Kartu Nama dengan Mail Merge?
1. Mengetahui
cara menempatkan Obyek
pada dokumen di MS Word
2. Mengetahui
cara Menempatkan
Footnote,endnote dan Komentar
3. Mengetahui
cara Mengelola Tabel
4. Mengetahui
cara Membuat Kartu Nama
dengan Mail Merge
BAB II
PEMBAHASAN
Untuk Pengguna MS Word dalam membuat sebuah dokumen
perlu adanya sebuah Ilustrasi baik itu Gambar, Page Number, Tabel, Grafik dan
lain-lain. Sering kita temui di Beberapa Dokumen seperti Proposal atau yang
lain nya. Namun Tak sedikit dari Pengguna MS Word yang tidak bisa bahkan tidak
mengetahui bagaimana menempatkan sebuah Obyek pada Lembar dokumen. Selain
Memperindah Dokumen, memasukan Obyek pun mempunyai fungsi lain yaitu untuk
memperjelas maksud dan tujuan sebuah Dokumen.
Ø Menyisipkan Clip
Art
Dalam MSWord, gambar juga dapat disisipkan ke dalam dokumen.
Gambar yang disisipkan dapat berupa file gambar atau kumpulan gambar (clip art)
yang telah disediakan program MS
Word.
klik menu Insert
Clip Art.
Pada bagian Search for di Task Pane, ketikkan kata
petunjuk yang berkaitan dengan gambar, contohnya animals. Maka akan didapat
hasil gambar seperti pada contoh di bawah ini:
Ø Menyisipkan Gambar
Untuk menyisipkan gambar atau foto pada microsoft
word
1. klik Insert
2. Klik ikon Picture.
3. Kemudian, pilih
gambar atau foto yang diinginkan.
4. Format picture
yang dapat disisipkan adalah sebagai berikut.
Jika gambar sudah berada dalam dokumen dan posisi
kursor berada pada gambar tersebut maka pada Ribbon akan ditampilkan menu dan
ikon yang terkait dengan pengelolaan gambar, yaitu tab Format. Ini adalah menu
konstektual, Picture Tools.
Kamu dapat melakukan
penyisipan gambar dengan menggunakan perintah dan ikon yang terdapat dalam tab
Format dari Picture Tools. Contohnya, seperti berikut.
1.
Mengatur kecermerlangan (brightness) dan
kontras gambar. Brightness adalah pengaturan banyaknya unsur warna putih,
sedangkan kontras adalah pengaturan intensitas setiap warna. Contoh:
1) Mengatur dengan
susunan/pola warna (color scheme) melalui ikon Recolor.
2) Bereksperimen
dengan Picture Styles, seperti Picture Shape dan Picture Border.
Contoh:
- Gambar kiri: Recolor dan Picture Styles
- Gambar kanan: Picture Shape
Mengatur posisi gambar di tengah teks pada dokumen.
2.
Bereksperimenlah dengan Picture Effects dan 3D
options. Contoh hasilnya sebagai berikut:
3.
Mengatur ukuran gambar dan melakukancropping.
Contoh hasil Cropping adalah seperti berikut.
4.
Merotasi gambar dan Flip horizontal atauvertical.
- Isiuntukketerangan footnote/endnote yang
terletak di akhirhalamanataudokumen/section.
B. Menyisipkan Word Art
Untuk menyisipkan Word Art, klik Insert kemudian Klik ikon Word Art pada grup Text di tab Insert.
Kemudian, pilih Word Art Style yang diinginkan. Pada layar komputer akan muncul
Edit Word Art Text. Ketikkan teks disini, lalu klik OK.
Seperti halnya saat memanipulasi Tabel, Picture,
Clip Art, maupun Shapes dengan menu kontekstual, Word Art juga mempunyai menu
kontekstual, yaitu Word Art Tools. Untuk menampilkan menu tersebut, caranya
adalah dengan melakukan klik ganda pada Word Art yang sudah ada pada dokumen.
Pada Ribbon akan tampil menu dan ikon yang terkait dengan pengelolaan Word Art
yaitu tab Format.
1. Menempatkan
Footnote dan Endnote dan Komentar
Footnote (catatan kaki) danEndnote (catatanakhir)
digunakanuntukmemberipenjelasan, komentartambahan yang
lebihmendetilataureferensiuntukinformasitertentu yang adadalamdokumen.
A. Bagian-Bagian Footnote atau Endnote terdiridari:
- Tanda (dalambentuk superscript) yang
terletakdalamdokumen. Tandabiasberupaangka, simbol, atauhuruf.
A.
Menyisipkan Shapes
Untuk menyisipkan atau membuat Shapes, klik ikon
Shapes pada grup Illustrations di tab Insert. Kemudian, pilih Shapes yang
diinginkan. Seperti halnya saat memanipulasi Picture, Shapes juga mempunyai
menu kontekstual, yaitu Drawing Tools. Untuk memunculkan menu tersebut, caranya
adalah dengan melakukan klik ganda pada Shapes yang sudah berada pada dokumen.
Setelah itu, Ribbon akan menampilkan menu dan ikon yang terkait dengan
pengelolaan drawing, yaitu tab Format.Ini merupakan menu kontekstualDrawing
Tools.
·
Klikpadabagian yang ingindisisipkantanda
footnote/endnote.
·
Pada References tab, Footnotes group,
klik Insert Footnote (untukmembuatcatatan kaki) atau Insert
Endnote (untukmembuatcatatanakhir).
·
Sekarangkursorakanberpindahpadabagianuntukmengetikisi
footnote/endnote.
Catatan: Secara default, MS Word akanmenempatkanisi Footnote di akhirhalamansedangkanisi Endnote di akhirdokumen.
Catatan: Secara default, MS Word akanmenempatkanisi Footnote di akhirhalamansedangkanisi Endnote di akhirdokumen.
|
·
Untukmerubah format footnote/endnote,
kliktandaDialog Box Launcher () padaFootnotes.
·
Padakotak dialog Footnote and Endnote,
bagianFormat, pilih format angka yang diinginkan. Bilainginmenggunakansimbol,
kliktombolSymbol.
·
KlikApplyuntukmengganti format.
·
Selanjutnya di sampingangkaatausimbol, ketikisi
footnote/endnote.
·
Untukmenambah footnote/endnote lain
dengannomorberurutan, klikpadabagiandokumen yang akandiberitanda
footnote/endnote dantekan:
·
CTRL+ALT+Funtuk footnote.
·
CTRL+ALT+Duntuk endnote.
B. Cara Mengatur
Format Angka Footnote dan Endnote
Kadang-kadangsetelahmembuat
footnote/endnote, kitamungkininginmengubah format
angkanya.Gunakancaraberikutiniuntukmengubah format footnote/endnote
secarasekaligusdalamdokumenatausection.
- Klikpada section yang akandiubah format
footnote/endnote. Biladokumentidakmemiliki section, insertion point
biasditempatkan di manasajadalamdokumen.
- PadaReferences tab, klikFootnote
&EndnoteDialog Box Launcher () untukmembukakotak dialog.
- KlikFootnotes atauEndnotes.
- PadakotakNumber format, pilih format yang
diinginkan. Bilainginmenggunakansimbol, kliktombolSymbol.
- KlikApply.
C. MengaturPenomoran
Footnote dan Endnote DimulaidenganAngka 1 PadaSetiapHalamanatau Section.
- PadaReferences tab, klikFootnote
&EndnoteDialog Box Launcher () untukmembukakotak dialog.
- PadakotakStartat, klikangka 1.
- PadakotakNumbering, pilih:
·
Restart each section, footnote/endnote
dimulaidenganangka 1 padasetiap section.
·
Restart each page, footnote/endnote
dimulaidenganangka 1 padasetiaphalaman.
KlikApply
D. MembuatKeteranganuntuk
Footnote dan Endnote yang Panjang
Bila
footnote/endnote terlalupanjang, makaakandisambungpadahalamanberikutnya.
Untukitukitabisamembuatketerangan agar pembacatahubahwa footnote/endnote
inibersambungkehalamanberikutnya.
PilihDraft view.
- PadaReferences tab, Footnotes group, klikShow
Notes.
- Jikadokumenmemiliki footnote danjuga endnote,
akanmunculsebuahkotak dialog. PilihView footnote area (untukmelihatcatatan
kaki) atauView endnote area (untukmelihatcatatanakhir), dankemudianklikOK.
Padadaftar note pane, klikFootnote Continuation
Notice (untukmembuatketerangan di catatan kaki) atauEndnote Continuation Notice
(untukmembuatketerangan di catatanakhir).
- Kemudianketikteksuntukketerangan, misalnya…bersambungkehalamanberikutnya.
- Beri format yang diinginkan,
missalnyamenggantitipe font ataumembuatcetak miring.
- KembalikePrint Layoutdanperhatikan di
baristerakhir footnote/endnote sudahmunculketerangan yang diketiktadi.
- Untukmengeditketerangan yang dibuat,
ulangilangkah 1-4 danbuatperubahan yang diinginkan.
E. Mengubah
Footnote Menjadi Endnote danSebaliknya
- MengubahSebuah Footnote Menjadi Endnote
danSebaliknya
Klik
kanan pada isi footnote/endnote yang akan diubah dan pilih Convert to Footnote
atau Convert to Endnote.
- Mengubah Beberapa Footnote Menjadi Endnote dan
Sebaliknya
Catatan: Cara ini untuk merubah beberapa footnote/endnote yang letaknya berurutan.
1. PilihDraft
view.
2. PadaReferences
tab, Footnotes group, klikShow Notes.
3. Jikadokumenmemiliki
footnote dan endnote, akanmunculsebuahpesan. PilihView footnote areaatauView endnote
area, dankemudianklikOK.
4. Pada
note pane, pilihbeberapa footnote/endnote yang akandiubah
(klik footnote/endnote pertamadangeser mouse untukmemilih footnote/endnote
yang lain).
5. KlikkanandanpilihConvert
to FootnoteatauConvert to Endnote.
F. Cara
MengubahSeluruh Footnote Menjadi Endnote danSebaliknya
1. PadaReferences
tab, klikFootnote &EndnoteDialog Box Launcher () untukmembukakotak dialog.
2. KlikConvert.
3. Klikpilihan
yang diinginkandanklikOK.
4. KlikClose.
G. Mengeditgaris, misalnyapada Footnote
1. Di
Word 2007, pilih Draft View.
2. Di
References tab, bagian Footnotes, klik Show Notes danpilih View Footnote area,
kemudianklik OK.
3. Padadaftar
di Footnote pane, pilih Footnote Separator untukmemodifikasigaris footnote.
b. Menghapus
Footnote dan Endnote
1. Pilihtanda
footnote/endnote dalamdokumen yang akandihapus.
2. TekantombolDELETE.
3. Menempatkan Komentar
Ketika kita membaca suatu file Microsoft Word
terkadang kita merasa perlu menambahkan catatan atau memberi komentar pada kata
atau kalimat tertentu di file tersebut, tetapi tanpa merubah isi dari file itu
sendiri. Misalnya kita menerima materi berupa file Microsoft Word hendak
menambahkan catatan tanpa merubah isi materi tersebut. Contoh lainnya ketika
kita diminta mengoreksi file karya ilmiah milik teman dan kita harus memberikan
komentar pada tulisan tersebut.Untuk menambahkan catatan atau memberi komentar
pada Microsoft Word kita bisa menggunakan fitur “Comments” yang tersedia di
Microsoft Word. Fitur ini terletak di barisan menu “Review”.Setelah selesai membuat atau mengetik dokumen word
anda, silahkan klik office button, seperti gambar berikut
Langkah untuk menambahkan catatan atau memberi
komentar pada Microsoft Word adalah sebagai berikut :
- Pilih atau blok kata/kalimat yang akan diberi
komentar (catatan)
- Setelah itu klik menu Renew
- Pilih “New Comment”
- Lalu ketikkan catatan atau komentar yang ingin
diberikan
- Setelah selesai silahkan simpan file tersebut
Ketika Anda membaca dan menanggapi komentar, Anda
pasti ingin melihat semua komentar tersebut. Tapi ketika Anda membaca dokumen
untuk tujuan lain, baris dan Comment Balloon bisa menjadi sangat mengganggu.
Word 2013 memiliki view Simple Markup baru yang bisa menyembunyikan gangguan
tersebut dan hanya menampilkan icon pada Margin untuk mengindikasikan adanya
komentar pada dokumen.Untuk menampakkan atau pun menyembunyikan komentar
silahkan pilih show Markup lalu klik Comments
a. Membuat Tabel
Jika ingin membuat tabel juga jumlah baris dan kolom
yang banyak. kotak-kotak tabelnya tidak perlu diklik, diganti dengan klik
tombol Insert Table..
Nanti akan muncul jendela
insert table seperti gambar di bawah ini. Â Number of columns untuk
menentukan jumlah kolom, sedangkan number of row untuk menentukan jumlah
baris.
Untuk
mengecilkan dan membesarkan lebar kolom pada table sangat mudah, yaitu dengan
mengarahkan mouse pinter pada garis vertikal yang akan digeser, saat mouse
pinter berubah menjadi tadi panah kanan kiri klik dan tahan mouse,
kemudian geser ke arah kanan atau ke kiri sesuai dengan yang dibutuhkan
b. Menambah atau
mengurangi Tabel
Menambah Tabel Bisa menggunakan Row & Columns
c. Mengatur Size
Tabel
d. Menggabungkan
Kolom atau Baris menggunakan Merge cells
Blok pada kolom atau Garis yang ingin kamu
gabungkan.
Kemudian Klik Layout dan Klik Merge Cell
Hasil nya.
Menmbuat
Kartu Ujian dengan Mail Merge memudah kan Untuk menyusun nama dan Nomor tanpa
harus kembali mengetik sehingga Nama dan Nomor itu beruntut tersusun Rapi.
Langkah-langkah nya:
1.
Buka MS. Word dan buat teks Box dengan Kriteria
Nama, Alamat dan Kelas. Atau bisa dengan format Lain. Buat lah sebanyak data
yang di Butuh kan.
2.
Buka Excel dan Buatlah tabel dengan Judul yang sama
dengan Yang di buat di MS Word. Sesuaikan tabel yang berada di Excel sama
dengan yang ada di Word. Jika di Word Ada 4 Kolom, Maka Di Excel Harus Empat
Kolom.
3.
Simpan data Excel, Jikalau Bisa menggunakan Format
CSV, Jika telah Tersimpan Buka MS Word Klik Mailings Kemudian Slect Recipients
kemudi Use Exciting List Filih data Excel yag telah di Save tadi
4.
Isi dengan Nama Alamat yang akan di Isi.
5.
Kemudian simpan Tiap-tiap nama ke Kotak yang berada
di MS Word dengan Klik Insert Merge Kemudian Field
Tidak ada komentar:
Posting Komentar